Pengumpulan Kelengkapan Dokumen Akreditasi

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya visitasi oleh BAN-PT pada akhir bulan Mei 2015, maka dilakukan pengumpulan dokumen akreditasi yang melibatkan seluruh komponen UIN Sunan Ampel Surabaya. Dokumen-dokumen digunakan sebagai kelengkapan visitasi akreditasi Institusi. Adapun daftar dokumen yang diperlukan sebagai berikut :  No Nomor Butir Keterangan 1 2.1.1 Dokumen sistem tata pamong (Ortaker) 2 2.1.3 Dokumen tentang aturan etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur pelayanan. 3 2.3.2 Dokumen rancangan dan analisis jabatan 4 2.3.3 Laporan kinerja perguruan tinggi (Tahunan) 5 2.3.4 Instrumen penilian kinerja dosen dan tenaga kependidikan 6 2.3.5 Dokumen hasil audit 7 2.4.1 Dokumen tentang jaminan mutu. 8 2.4.3 Laporan monev hasil penjaminan mutu 9 3.1.1 Dokumen sistem penerimaan mahasiswa baru 10 3.1.6 Instrumen pengukuran kepuasan mahasiswa 11 3.1.7 Laporan hasil survei kepuasan mahasiswa 12 3.1.9 Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan 13 3.1.10 Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan 14 3.1.11 Bukti prestasi akademik dan non-akademik yang dicapai mahasiswa 15 3.2.1 Daftar lulusan dalam lima tahun terakhir (termasuk IPK) 16 3.2.3 Instrumen evaluasi lulusan 17 3.4.5 Daftar bentuk partisipasi alumni 18 4.1 Dokumen sistem pengelolaan sumberdaya manusia 19 4.2.1 Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja sumberdaya manusia 20 4.2.2 Dokumen hasil monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja sumberdaya manusia 21 4.3.1 Fotokopi ijazah terakhir dan sertifikat pendidik dosen tetap 22 4.3.2 Fotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tidak tetap 23 4.4 Daftar dosen tetap yang sedang tugas belajar 24 4.5.1 Fotokopi ijazah dan sertifikat kompetensi tenaga kependidikan 25...

Rapat Penyusunan Kurikulum KKNI

Menindaklanjuti kegiatan review Kurikulum KKNI, prodi-prodi melakukan penyusunan dan penyempurnaan kurikulum berdasar dari hasil review. Harapannya kurikulum KKNI sudah dapat terkumpul pada bulan Mei ini dan segerah disahkan. Beberapa Prodi sudah mengumpulkan kurikulumnya dan tinggal dilakukan pengecekan oleh LPM. Disamping itu terdapat prodi-prodi yang melakukan pembimbingan dengan LPM untuk menghasilkan kurikulum KKNI yang baik dan benar. LPM sangat mendukung prodi-prodi dalam penyusunan kurikulum KKNI, LPM berharap penyusunan kurikulum KKNI ini bisa segera diselesaikan demi peningkatan mutu akademik di UIN Sunan Ampel. LPM sangat menunggu prodi-prodi yang belum menyerahkan kurikulum...

Audit Internal UIN Sunan Ampel

Mutu institusi merupakan salah satu hal penting dalam penyelenggaran pendidikan yang baik. Untuk mengetahui mutu universitas maka perlu dilakukan pengukuran mutu atau biasa disebut dengan audit. Dalam rangka mengetahui mutu institusinya maka pada tanggal 17 sampai 26 Februari 2015 dilaksanakan audit internal UIN Sunan Ampel oleh auditor internal UINSA yang bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)...

Rapat Koordinasi Konsorsium Ilmu Bahasa

Tanggal 16 Pebruari 2015 telah diadakan rapat konsorsium ilmu khusus rumpun ilmu bahasa. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan Konsorsium Dosen UIN SUNAN AMPEL SURABAYA yang sebelumnya telah diadakan di Bess Resort, Lawang – Malang. Konsorsium ilmu bahasa yang dipimpin oleh Prof. Arief Furqon menghasilkan pokok-pokok pikiran dan program kerja yang meliputi: 1. Pendefinisian Tujuan dan Tugas dari dibentuknya Konsorsium: Diseminasi pengetahuan – pendidikan bahasa “pengatur” perubahan kebijakan Melaksanakan validasi Silabus, SAP dan soal ujian Apresiasi atas hasil pekerjaan dosen Pusat informasi kegiatan akademik (seminar, call for paper dll) MDUINSA Sebagai penghubung dengan universitas lain Konsorsium dibagi menjadi beberapa sub berdasarkan kelompok bahasanya Mempersiapkan SKPI untuk mahasiswa, berkaitan erat dengan asosiasi dimana prodi terlibat di dalamnya. Asosiasi tersebut berbadan hukum Pemberdayaan dosen melalui seminar, diskusi Pertemuan dilaksanakan setiap awal bulan (hari ditentukan kemudian) 2. Pendefinisian karakteristik istimewa dari konsorsium ilmu bahasa 3. Penyampaian Visi konsorsium yaitu “Terwujudnya dosen pendidikan bahasa yang bermutu guna meningkatkan kualitas tri dharma UIN Sunan Ampel Surabaya” 4. Misi Konsorsium Memberdayakan dosen pendidikan bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam pengembangan keilmuan, peningkatan kualitas pembelajaran, dan pengabdian kepada masyarakat Meningkatkan produktivitas dosen pendidikan bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam menghasilkan dan mendiseminasikan karya ilmiah Meningkatkan kualitas tri dharma perguruan tinggi 5. Program Kerja Jangka Pendek Melakukan diskusi ilmiah setiap awal bulan (hari ditentukan kemudian) Mengadakan seminar dan workshop Bedah karya ilmiah Penelitian bersama untuk dikompetisikan Memberikan award kepada dosen yang berprestasi Validasi Silabus, SAP, dan soal ujian Mendiskusikan profil lulusan prodi dan mata kuliah pendidikan bahasa Semoga kegiatan rapat koordinasi konsorsium ilmu bahasa ini bisa menginspirasi dan menyemangati bagi konsorsium bidang ilmu yang lain untuk...

Materi Sosialisasi BKD

Pada hari Kamis 16 Januari 2015 dilakukan sosialisasi Beban Kerja Dosen di lingkungan UINSA. Sosialisasi dilakukan di GreenSA UIN Sunan Ampel dengan mendatangkan narasumber Bapak Nuryasin dan Bapak Djoko sebagai bagian dari penanggung jawab BKD DIKTIS Kementrian Agama. Program sosialisasi ini dilakukan kepada asesor BKD sekaligus dilakukan penyamaan persepsi calon asesor BKD yang baru. Materi Sosialisasi...

Persiapan Pelaksanaan Audit Internal

Tindak lanjut dari kegiatan workshop audit internal adalah dengan dilakukannya audit internal di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya. Lembaga Penjaminan Mutu berkoordinasi dengan 28 peserta Workshop Audit Internal untuk melakukan persiapan dalam rangka terselenggaranya audit internal di UIN Sunan Ampel...

Evaluasi Tenaga Kependidikan

Dalam rangka mewujudkan 3 kata kunci visi UIN Sunan Ampel – unggul, kompetitif dan bertaraf internasional – Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Ampel melakukan proses evaluasi kinerja SDM. Workshop Evaluasi Pelayanan bagi Tenaga Kependidikan sebagai langkah awal untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya. Workshop yang diadakan 2 hari pada tanggal 21-22 Nopember 2014 di GreenSA, Raya Juanda- Sidoarjo diikuti oleh 73 orang tenaga kependidikan yang dipilih secara acak. Workshop dikemas secara unik, interaktif berbasis game tanpa mengurangi esensi dari tujuannya. Para peserta workshop sangat antusias mengikuti setiap kegiatan yang dipandu oleh tim Trainer Pengembangan SDM dari  BKN Regional 2 Jawa Timur. Terdapat pre-test dan post-test bagi semua peserta dan tes khusus untuk tenaga kependidikan yang menjabat sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubag). Ada 3 materi inti yang disampaikan oleh tim Trainer selama workshop berlangsung yaitu : 1) Prinsip-prinsip Dasar Pelayanan 2) Etika Pelayanan dan 3) Open Mind – Who Am I. Kata Kunci yang digarisbawahi dalam Konsep Dasar Bekerja (Pelayanan) : “Sesungguhnya orang yang bertawakal adalah orang yang menabur benih di ladang kemudian berserah diri kepada Allah” Melayani Ibarat Menabur Benih Kebaikan di Ladang Tuhan Pemateri menyebutkan bahwa Standart Pelayanan di abad milenium digambarkan sebagai segitiga emas “Pelayanan Luar Biasa” yaitu integrasi dari Niat yang baik, Tindakan yang sungguh-sungguh dan Proses yang benar. Sebagai tindak lanjut dari acara ini, dilakukan proses assesment (penilaian) teman sejawat yang nantinya akan menjadi pertimbangan untuk proses promosi jabatan, dan lain-lain. Kedepan acara workshop evaluasi pelayanan tenaga kependidikan akan dilaksanakan secara berkesinambungan demi peningkatan kualitas layanan di lingkungan UIN Sunan Ampel dan tidak menutup kemungkinan berlaku untuk semua civitas...

Kunjungan Prodi Sistem Informasi

LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) UINSA sebagai lembaga yang memiliki 3 Pusat yaitu Pusat Pengembangan Standart Mutu, Pusat  Audit dan Pengendalian Mutu, Pusat Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa. Berkaitan dengan itu, LPM dalam hal ini menjadi pengawal dari perkembangan mutu akademik termasuk permasalahan kurikulum. Tanggal 5 November 2014 tepatnya pukul 09.30 WIB, LPM  kedatangan tamu dari prodi Sistem Informasi, Fakutas Sains dan Teknologi. Sebanyak lebih dari 10 orang dosen baru dari prodi tersebut berkunjung ke LPM dengan maksud “mengaji” tentang kurikulum. Dengan disambut oleh Prof. Saiful Anam selaku ketua lembaga , Dr.Nur Fitriatin Yamin selaku sekretaris lembaga dan Dr.Asep Saepul H sebagai Ketua Pusat  Audit dan Pengendalian Mutu membuat suasana kunjungan menjadi ajang diskusi yang menarik. Ketua LPM memaparkan : Ada shortcut untuk dosen di Sainteks. Di dalam aturannya, yang diperbolehkan mengajar, adalah mereka yang sudah berpangkat lector. Akan tetapi karena ini baru, maka asisten ahli sudah boleh mengajar. LPM bertugas memastikan apakah kurikulum yang di buat oleh teman teman sainteks sudah sesuai dengan kurikulum yang berbasis KKNI. LPM akan memberikan kerangkanya, sedangkan rekan-rekan Dosen Sistem Informasi yang akan memberikan content nya Kurikulum adalah dibawah wewenang prodi, karena mereka yang lebih tahu tentang perkembangan keilmuannya. Kurikulum merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, karena ada beberapa mahasiswa dari sainteks yang mengundurkan diri sebagai wujud protes terhadap keberadaan sainteks di lingkungan UIN Sunan Ampel. Dilanjut dengan pemaparan tentang kurikulum dari Ketua Pusat  Audit dan Pengendalian Mutu: “Proses akademik kita bukan hanya pengajaran, tapi pendidikan. Sehingga selain dampak materi, kita juga harus memperhatikan dampak proses. Dan disitulah kurikulum memiliki peranan penting” demikian kata Dr. Asep. Terlontar banyak pertanyaan dari  rekan-rekan dosen baru...

Konsorsium Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya

Pembentukan Konsorsium Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya 11-11-2014 Di Bess Resort and Waterpark, Lawang Malang    Jenis Konsorsium dan Ketua Konsorsium Untuk mengawali berdirinya konsorsium dosen UIN Sunan Ampel, kami bersepakat menentukan konsorsium sbb: Nama Konsorsium Ketua Filsafat Dr.Suhermanto Ja’far Agama Prof.Dr jaenuri,MA Ilmu Bahasa Prof.Dr.H.Husein Aziz,M.Ag Bahasa Terapan Prof.Dr. Arief Furqon,M.A Manajemen Dr.Fatma,MM Ilmu Hadits Prof.Dr.Idri,M.Ag Ilmu Al-Quran dan Tafsir Prof.Dr.Aswadi,M.Ag Fiqh Prof.Dr.faisal Haqq Ilmu Sosial Prof.Dr.Shonhaji Ilmu Seni, Komunikasi dan media Prof.Dr.Ali Aziz,M.Ag Matematikan dan sain Dr.A.Saepul Hamdani,M.Ps Ilmu Teknik Dwi Rolliawati,MT Ilmu Pendidikan Prof.Dr.H.Imam Bawani,MA Ilmu Hukum Dr.Sri warjiyati,MA  Psikologi                                           Dr,Suryani   Adapun format yang dipilih untuk penerapan integrated twin towers adalah sebagai berikut: Intra-displiner di berlakukan di level S1 Multi-disipliner di level S2 Trans-disipliner di level S3   Rencana Tindak lanjut aktifitas Konsorsium Dosen No Tanggal Target 1 11-23 Nopember 2014 Menyusun program kerja dan timeline 2 24 Nopember 2014 Menyerahkan program kerja kepada dekan untuk di lengkapi member/anggotanya 3 6 Desember 2014 LPM menerima kelengkapan konsorsium dosen dari dekan    Fasilitas LPM untuk Konsorsium dosen LPM menyediakan ruang rapat ber AC berukuran 4×6 dengan kapasitas kurang lebih 15 dosen. Untuk penggunaan ruang rapat bisa berkomunikasi melalui email: lpm@uinsby.ac.id atau ke nomor telepon Hanif :...

Workshop Konsorsium Dosen UIN Sunan Ampel

Latar belakang Berdasarkan kajian terhadap keberadaan insitusi yang mengacu kepada akreditasi institusi, salah satu program yang sangat perlu diprioritaskan adalah konsorsium dosen. Standar mutu perkuliahan dan SOP perkuliahan yang disusun dan akan ditetapkan sebagai SIstem Penjaminan Mutu di lingkungan UIN Sunan Ampel, mengharuskan adanya kelompok dosen sesuai dengan keahlian. Kelompok ini dimaksudkan sebagai forum konfirmasi keilmuan yang menfasilitasi proses pembelajaran berjenjang dan selalu meng-update perkembangan pengetahuan. Konsorsium dosen ini, selain berfungsi sebagai forum ilmiah dosen sejenis, juga akan menciptakan system evaluasi yang lebih praktis dalam melakukan penilaian terhadap BKD yang selama ini overload dibebankan kepada satu kaki. Dalam pelaksanaannya, penilaian BKD bisa didistribusikan kepada konsorsium dosen yang memiliki Nomor Induk Registrasi Assessor (NIRA), sehingga tidak terjadi overload working yang berakibat pada mutu yang tidak standar. Selain berfungsi untuk melakukan konfirmasi keilmuan dan evaluasi kinerja dosen secara konsisten dan berkelanjutan, konsorsium dosen juga memiliki peran pembinaan dalam rangka pengembangan karir para dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya.  Untuk kepentingan inilah maka tidak bisa dihindarkan bahwa pengelompokan dosen berdasarkan rumpun ilmu sangat diperlukan. Dalam kaitannya dengan moment alih status dari IAIN menuju ke UIN, diseminasi konsep Integrated twin towers yang menjadi dasar pengembangan keilmuan di UIN sunan Ampel Surabaya menjadi salah satu topik diskusi yang menarik dalam forum ini.  Oleh karena itu, Selanjutnya, persoalan Home base masing masing dosen menjadi konsekwensi yang tidak bisa diabaikan Tujuan dan Target Kegiatan Kegiatan Konsorsium Dosen ini memiliki tujuan dan target sebagai berikut: Merumuskan kemungkinan rumpun ilmu di lingkungan PTKI. Merumuskan bentuk konsorsium dosen di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya Peserta Jumlah undangan dosen berjumlah 110 orang. Sementara yang hadir sekitar 91 orang, beberapa undangan...

Pelatihan Audit Internal

Materi Kegiatan Pelatihan Audit Internal 1. Kebijakan Nasional SPMI-PME-SPMPT 2. Pemahaman audit-internal- 3. pelaksanaan audit 4. Laporan Hasil Audit 5 Resiko PT 6. Teknik Pembuatan PKA dan...

Sosialisasi dan Koordinasi BKD UIN Sunan Ampel

8 Oktober 2014 di Ruang Sidang Rektorat telah dilaksanakan sosialisasi dan koordinasi Beban Kerja Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya. Sosialisasi ini diikuti oleh Rektor berserta Wakil Rektor, Unit Kepegawaian, Dekanat masing-masing fakultas dan tentunya Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Ampel Surabaya. Peraturan serta Rubrik BKD yang telah disusun oleh tim LPM berdasar pada Peraturan BKD dari DIKTIS dipaparkan kepada peserta agar dikritisi berdasar dengan keadaan di lapangan.         LPM mendapatkan banyak sekali masukan dari para peserta untuk penyempurnaan pedoman BKD UIN Sunan Ampel. Selanjutnya LPM akan menindaklanjuti dari kegiatan koordinasi tersebut dan akan melakukan penyempurnaan pedoman BKD sehingga selanjutnya pedoman tersebut dapat digunakan dalam pengisian BKD khususnya di UIN Sunan Ampel...

Kunjungan FEBI dan FISIP

Tanggal 7 Oktober 2014, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Surabaya mendapatkan kunjungan internal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Sunan Ampel Surabaya. Rombongan FEBI dan FISIP ini merupakan silaturahmi dari fakultas baru di UIN tersebut yang bertujuan untuk penyelarasan Visi dan Misi dari Fakultas hingga Prodi terhadap Visi dan Misi Universitas yang sekaligus menjadi sarana sosialisasi Visi dan Misi UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu “Menjadi Universitas Islam yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional”.                      Selain itu, Rombongan FEBI dan FISIP juga sebagai sarana penyampaian informasi hal-hal apa yang harus dilakukan dalam menjamin mutu khususnya mutu pada FEBI dan FISIP. FEBI dan FISIP pun mempunyai harapan nantinya untuk mendapatkan nilai A dalam akreditasi prodi nantinya. Dengan adanya kunjungan ini dapat membantu LPM dalam menjamin mutu di lingkungan UIN Sunan Ampel. LPM siap membantu unit-unit ataupun fakultas dalam rangka terlaksananya penjaminan mutu UIN Sunan Ampel Surabaya. Unit-unit atau fakultas-fakultas yang lain diharapkan dapat menyusul FEBI dan FISIP untuk melakukan kunjungan LPM. Insya Allah LPM selalu siap dan terbuka demi tercapainya UIN Sunan Ampel yang BERMUTU...

WORKSHOP PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) FAKULTAS, KANTOR PUSAT DAN UPT

       A. Latar Belakang Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 168 Tahun 2010 tentang Pedoman penyusunan Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Kementerian Agama, IAIN Sunan Ampel sebagai lembaga Institusi pendidikan berperan penuh dalam pelayanan masyarakat akan kebutuhan pendidikan. Untuk mendorong penyelenggaraan akademik yang efektif, efisien dan akuntabel maka perlu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Secara operasional wujud peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat adalah perbaikan dan penyempurnaan proses penyelenggaran administrasi pendidikan sehingga lebih mencerminkanbirokrasi yang mampu menjalankan fungsi pelayanan yang berkualitas, memuaskan, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Sebagai upaya untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas tersebut, diperlukan ketersediaan standar operasional prosedur (SOP) sebagai pedoman/petunjuk bagi para aparatur dalam melaksanakan tugas pelayanan dan bagi masyarakat pengguna layanan (pelanggan) untuk mengetahui/memahami akan suatu prosedur pelayanan yang dilakukan aparatur. Dengan demikian dapat dihindarkan tumpang tindih tanggung jawab dan kesalahan prosedur dalam melaksanakan tugas. Untuk menjamin adanya kesamaan pengertian dan keseragaman dalam penyusunan, maka Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) memandang perlu adanya workshop Penyusunan standar operasional prosedur (SOP) bagi pegawai di lingkungan IAIN Sunan Ampel. Secara umum lingkup workshop ini latihan menyusun urain tugas, melakukan identifikasi, mengevaluasi sistem tatakelola,yang ada. Kemudian menganalisis masalah sehingga akan menghasilkan Rumusan Kebijakan dan SOP yang terkait dengan layanan di lingkungan IAIN Sunan Ampel. B. Tujuan Kegiatan Kegiatan workshop ini bertujuan: 1. Mendorong setiap unit kerja dilingkungan IAIN Sunan Ampel untuk menyusun SOP 2. Memberikan keseragaman dalam proses pelaksanaan suatu tugas. 3.Menunjang kelancaran dalam pelaksanaan tugas dan kemudahan pengendalian. 4. Mempertegas tanggungjawab dalam pelaksanaan tugas pegawai.   C. Tempat dan Waktu Pelaksanaan Workshop Penyusunan standar operasional prosedur (SOP) Fakultas, Kantor Pusat dan UPT IAIN Sunan Ampel dilaksanakan hari Jum’at-Minggu tanggal 7-9 Desember...

KONSULTAN ISO, SERTIFIKASI ISO DAN SEMINAR PENDOKUMENTASIAN DALAM RANGKA AKREDITASI IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Latar Belakang Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 51 menyatakan bahwa, pemerintah menyelenggarakan sistem penjaminan mutu Pendidikan Tinggi untuk mendapatkan Pendidikan bermutu. Pasal 51 menyatakan bahwa, penjaminan mutu Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Penjaminan mutu sebagaimana dimaksud di atas dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar Pendidikan Tinggi. Salah satu model standarisasi dalam sistem manajamen mutu di antaranya adalah ISO 9001:2000. ISO 9001 adalah standar internasional yang diakui untuk sertifikasi sistem manajemen mutu (SMM). SMM menyediakan kerangka kerja bagi sebuah institusi dan sperangkat prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan manajemen secara nyata dalam aktivitas rutin sehingga tercipta konsistensi mencapai kepuasan pelanggan. SMM mengacu pada standar ISO memuat beberapa dokumen penting, diantaranya adalah (1) manual mutu, (2) prosedur mutu, (3) sasaran mutu, dan (4) kebijakan mutu. Dengan diterapkannya standarisasi berbasis ISO 9001, beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh IAIN Sunan Ampel Surabaya adalah, (1) kepuasan pelanggan dengan produk yang memenuhi persyaratan-persyaratan pelanggan, (2) mengurangi biaya operasional dengan peningkatan secara berkesinambungan pada proses dan hasil efisiensi operasional, (3) peningkatan hubungan pada pemegang kepentingan, (4) persyaratan kepatuhan hukum terhadap ketentuan yang ada, (5) peningkatan terhadap pengendalaian manajemen risiko, dan (6) tercapainya kepercayaan pelanggan. Berdasar uraian tentang manfaat diterapkannya standar ISO 9001 maka dalam rangka diterapkannya Sistem Manajemen Mutu berbasis standar ISO 9001 di IAIN Sunan Ampel Surabaya perlu adanya pelatihan tentang pemahaman dasar ISO 9001. Tujuan Kegiatan Kegiatan Konsultan Iso, Sertifikasi Iso Dan Seminar Pendokumentasian Dalam Rangka Akreditasi IAIN Sunan Ampel Surabaya ini bertujuan: 1. Membangun kesepahaman bersama tentang Sistem Manajemen Mutu berbasis standar ISO 9001. 2. Menjelaskan...

PELATIHAN PERSIAPAN AKREDITASI IAIN SUNAN AMPEL

Latar Belakang Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 51 menyatakan bahwa, pemerintah menyelenggarakan sistem penjaminan mutu Pendidikan Tinggi untuk mendapatkan Pendidikan bermutu. Pasal 51 menyatakan bahwa, penjaminan mutu Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Penjaminan mutu sebagaimana dimaksud di atas dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar Pendidikan Tinggi. UU Nomor 12 tahun 2012 Pasal 54 menyatakan bahwa, Standar Pendidikan Tinggi terdiri atas, (a) Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh Menteri atas usul suatu badan yang bertugas menyusun dan mengembangkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan (b) Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh setiap Perguruan Tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Standar Nasional Pendidikan Tinggi sebagaimana dimaksud di atas merupakan satuan standar yang meliputi standar nasional pendidikan, ditambah dengan standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat. Standar Nasional Pendidikan Tinggi dikembangkan dengan memperhatikan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi. Standar Pendidikan Tinggi sebagaimana dimaksud di atas sejumlah standar dalam bidang akademik dan nonakademik yang melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Tugas LPM adalah mengkoordinasikan, mengendalikan, mengaudit, memantau, menilai dan mengembangkan mutu penyelenggaraan kegiatan akademik. Untuk keperluan tersebutadanya workshop persiapan akreditasi IAIN Sunan Ampel Surabaya. Tujuan Kegiatan Pelatihan Persiapan Akreditasi IAIN Sunan Ampel bertujuan : 1. Membangun kesepahaman bersama tentang akreditasi institusi. 2. Mengidentifikasi komponen (standar) borang dan evaluasi diri akreditasi institusi. 3.Menjelaskan prosedur penyusunan dokumen borang dan evaluasi diri akreditasi institusi 4. Mengidentisikasi data dan bukti fisik borang dan evalausi diri akreditasi institusi. Tempat dan Waktu Pelaksanaan Pelatihan Persiapan Akreditasi IAIN Sunan Ampel dilaksanakan di Hotel...

Konsultasi ISO dan Sertifikasi ISO

Deskripsi Kegiatan ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah gap analysis dan tahap kedua executive briefing. Gap analysis Executive briefing Tujuan Gap analysis bertujuan untuk mencari permasalahan yang terjadi di organisasi (IAIN Sunan Ampel) Executive briefing bertujuan untuk menggambarkan kondisi riil organisasi agar terjadi kesadaran terhadap kinerjanya...

Evaluasi OSCAAR

Latar Belakang OSCAAR (Orientasi Studi Cinta Akademik dan Almamater) merupakan kegiatan dalam rangka memberikan bekal kepada calon mahasiswa untuk mempersiapkan mental dan mengikuti proses pembelajaran di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Mahasiswa sebagai salah satu unsur civitas akademika perlu memiliki kecintaan terhadap almamaternya. Mahasiswa sebagai masyarakat akademik memiliki karakteristik selalu ingin tahu terhadap segala fenomena yang ada dengan melakukan kegiatan secara ilmiah agar diperoleh kebenaran yang teruji sesuai dengan metode ilmu pengetahuan. Mahasiswa sebagai sebagai salah satu elemen kampus baik secara individu maupun kelompok dalam lingkungan kampus memiliki dimensi yang sangat luas. Disamping sebagai civitas akademika (dimensi keilmuan) mereka juga sebagai bagian dari komunitas sosial (dimensi sosial) yang memiliki tugas mengembangkan komunitasnya di masa yang akan datang. Berdasar kesadaran terhadap hak dan kewajibannya, mahasiswa akan dapat mengembangkan potensinya di segala dimensi yang melekat pada dirinya. OSCAAR berfungsi sebagai wahana penempatan dan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan, penalaran serta kecerdasan inteletual, emosional dan spiritual bagi calon mahasiswa. Berdasar tujuan dan peran tersebut, OSCAAR memiliki fungsi yang sangat penting dalam membentu output dan outcome IAIN Sunan Ampel Surabaya, sehingga perlu adanya standar yang jelas tentang pelaksanaan OSCAAR. Sebagai langkah awal dalam mengembangkan standar pelaksanaan OSCAAR, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) perlu mengadalkan baseline study terhadap pelkasanaan OSCAAR yang berlangsung awal tahun pelajaran 2013-2014. Tujuan dan Sasaran Kegiatan Kegiatan workshop ini bertujuan: 1. Mendapatkan informasi kondisi pelaksaan OSCAAR yang sekarang terjadi di IAIN Sunan Ampel Surabaya. 2. Memberikan rekomendasi perbaikan pelaksanaan OSCAAR pada tahun yang akan datang. 3. Merumuskan format awal pelaksanaan OSCAAR pada tahun yang akan datang. 4. Merumuskan standirisasi pelaksanaan OSCAAR pada tahun yang akan datang. Hasil Pelaksanaan evaluasi OSCAAR mahasiswa, mahasiswa banyak...