REKTOR BERSAMA LPM SOSIALISASIKAN E-BKD 2019 SERENTAK KE SELURUH DOSEN UINSA

REKTOR BERSAMA LPM SOSIALISASIKAN E-BKD 2019 SERENTAK KE SELURUH DOSEN UINSA

LPM Update, Jumat (15/2/2019); Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Ampel Surabaya bersama Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, MA., Ph.D dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Wahidah Zein Br. Siregar, MA., Ph.D, membuka acara “Sosialisasi Pedoman E-BKD dan Teknik Validasi Asesor” yang dihadiri oleh seluruh Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini digelar bersama oleh Panitia gabungan, yakni tim LPM, Pusti-PD, SPI, Bagian Kepegawaian, Bagian Akademik, dan Perpustakaan UINSA pada Rabu – Jumat, 13-15 Februari 2019.

Sosialisasi E-BKD ini dilaksanakan selama tiga hari untuk dosen 9 Fakultas dan Pascasarjana. Pada hari Rabu, 13 Februari 2019, acara sosialisasi E-BKD ini diikuti oleh dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi, dosen Fakultas Syariah dan Hukum, dan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sedangkan peserta pada hari kedua acara ini adalah dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dosen Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, serta dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Adapun di hari terakhir, acara sosialisai e-BKD ini dihadiri oleh dosen Fakultas Sains dan Teknologi, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dosen Fakultas Adab dan Humaniora, serta dosen Pascasarjana UINSA.

Dalam sambutan dan arahannya, Rektor UINSA, Prof. masdar Hilmy, MA., Ph.D., menegaskan bahwa untuk mewujudkan visi UINSA menjadi Universitas islam yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional, maka akan dilakukan berbagai langkah, yakni pertama, mendorong dosen agar menulis di jurnal internasional berreputasi. “Setiap dosen yang menulis di jurnal internasional terindeks akan mendapat apresiasi, yakni mendapat remun” terang Masdar.

Kedua, Rektor menghimbau kepada para Dekan untuk menyelenggarakan program-program internasional, seperti International Conference, Lecturer Mobility, Student Mobility, Visiting Profesor, Sabbatical Leave, dll. Ketiga, untuk mewujudkan World Class University, uinsa harus memperhatikan komposisi dosen dan mahasiswa internasional. “Kita undang mahasiswa asing untuk kuliah ke kampus UINSA. Dan yang terakhir, kita dorong para dosen agar segera melakukan percepatan professor,” himbaunya penuh optimis.

Hadir sebagai narasumber dalam acara sosialisasi E-BKD ini Ketua LPM (Prof. Dr. H. Ali Mudlofir) yang menyampaikan kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UINSA, dan Kepala Pusat Audit Mutu (Dr. A. Saepul Hamdani, M.Pd) yang menjelaskan perbedaan antara Pedoman BKD lama dan E-BKD yang Baru. “Ada beberapa pergeseran seperti perwalian akademik, dulu masuk ke unsur penunjang, sekarang digolongkan ke dalam unsur pendidikan,” terang A. Saepul.

Kegiatan yang diselenggarakan di Twin Tower A lantai 9 ini juga menghadirkan beberapa narasumber, yakni Ketua Satuan Pengawas Internal (Drs. Sutikno, M. Pd.I) yang menyampaikan materi Remunerasi, Ketua Perpustakaan (Irma Soraya, M.Pd) menyampaikan materi Webometrik, Tim Perpustakaan (Nur Hasib, S. Kom) menyampaikan materi Sinta, Bagian Akademik (Drs. Abdullah Rofiq Mas’ud, MM) menjelaskan perihal Sister (Sistem Informasi Sumber Daya), dan Kepala Pusti-PD (Imas Maesaroh, M.Lib, Ph.D) dan Tim Pusti PD (Nita Yalina, S. Kom, M. MT) yang menyampaikan materi aplikasi E-BKD. “Dalam rubrik E-BKD ini sudah disediakan 2 rubrik sekaligus, yakni rubrik BKD dan rubrik remun. Silahkan Bapak Ibu tinggal memilih dan mengklik sesuai dengan yang dikehendaki. Semua sudah ada ketentuannya masing-masing,”pungkas Nita Yalina. (likhur)