Evaluasi Tenaga Kependidikan

Evaluasi Tenaga Kependidikan

Dalam rangka mewujudkan 3 kata kunci visi UIN Sunan Ampel – unggul, kompetitif dan bertaraf internasional – Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Ampel melakukan proses evaluasi kinerja SDM. Workshop Evaluasi Pelayanan bagi Tenaga Kependidikan sebagai langkah awal untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya. Workshop yang diadakan 2 hari pada tanggal 21-22 Nopember 2014 di GreenSA, Raya Juanda- Sidoarjo diikuti oleh 73 orang tenaga kependidikan yang dipilih secara acak. Workshop dikemas secara unik, interaktif berbasis game tanpa mengurangi esensi dari tujuannya. Para peserta workshop sangat antusias mengikuti setiap kegiatan yang dipandu oleh tim Trainer Pengembangan SDM dari  BKN Regional 2 Jawa Timur. Terdapat pre-test dan post-test bagi semua peserta dan tes khusus untuk tenaga kependidikan yang menjabat sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubag). Ada 3 materi inti yang disampaikan oleh tim Trainer selama workshop berlangsung yaitu : 1) Prinsip-prinsip Dasar Pelayanan 2) Etika Pelayanan dan 3) Open Mind – Who Am I. Kata Kunci yang digarisbawahi dalam Konsep Dasar Bekerja (Pelayanan) :

“Sesungguhnya orang yang bertawakal adalah orang yang menabur benih di ladang kemudian berserah diri kepada Allah” Melayani Ibarat Menabur Benih Kebaikan di Ladang Tuhan

Pemateri menyebutkan bahwa Standart Pelayanan di abad milenium digambarkan sebagai segitiga emas “Pelayanan Luar Biasa” yaitu integrasi dari Niat yang baik, Tindakan yang sungguh-sungguh dan Proses yang benar. Sebagai tindak lanjut dari acara ini, dilakukan proses assesment (penilaian) teman sejawat yang nantinya akan menjadi pertimbangan untuk proses promosi jabatan, dan lain-lain. Kedepan acara workshop evaluasi pelayanan tenaga kependidikan akan dilaksanakan secara berkesinambungan demi peningkatan kualitas layanan di lingkungan UIN Sunan Ampel dan tidak menutup kemungkinan berlaku untuk semua civitas akademika.

Submit a Comment

Your email address will not be published.