Workshop Konsorsium Dosen UIN Sunan Ampel

Workshop Konsorsium Dosen UIN Sunan Ampel

Latar belakang

Berdasarkan kajian terhadap keberadaan insitusi yang mengacu kepada akreditasi institusi, salah satu program yang sangat perlu diprioritaskan adalah konsorsium dosen. Standar mutu perkuliahan dan SOP perkuliahan yang disusun dan akan ditetapkan sebagai SIstem Penjaminan Mutu di lingkungan UIN Sunan Ampel, mengharuskan adanya kelompok dosen sesuai dengan keahlian. Kelompok ini dimaksudkan sebagai forum konfirmasi keilmuan yang menfasilitasi proses pembelajaran berjenjang dan selalu meng-update perkembangan pengetahuan.

Konsorsium dosen ini, selain berfungsi sebagai forum ilmiah dosen sejenis, juga akan menciptakan system evaluasi yang lebih praktis dalam melakukan penilaian terhadap BKD yang selama ini overload dibebankan kepada satu kaki. Dalam pelaksanaannya, penilaian BKD bisa didistribusikan kepada konsorsium dosen yang memiliki Nomor Induk Registrasi Assessor (NIRA), sehingga tidak terjadi overload working yang berakibat pada mutu yang tidak standar.

Selain berfungsi untuk melakukan konfirmasi keilmuan dan evaluasi kinerja dosen secara konsisten dan berkelanjutan, konsorsium dosen juga memiliki peran pembinaan dalam rangka pengembangan karir para dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya.  Untuk kepentingan inilah maka tidak bisa dihindarkan bahwa pengelompokan dosen berdasarkan rumpun ilmu sangat diperlukan.

Dalam kaitannya dengan moment alih status dari IAIN menuju ke UIN, diseminasi konsep Integrated twin towers yang menjadi dasar pengembangan keilmuan di UIN sunan Ampel Surabaya menjadi salah satu topik diskusi yang menarik dalam forum ini.  Oleh karena itu, Selanjutnya, persoalan Home base masing masing dosen menjadi konsekwensi yang tidak bisa diabaikan

Tujuan dan Target Kegiatan

Kegiatan Konsorsium Dosen ini memiliki tujuan dan target sebagai berikut:

  1. Merumuskan kemungkinan rumpun ilmu di lingkungan PTKI.
  2. Merumuskan bentuk konsorsium dosen di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Peserta

Jumlah undangan dosen berjumlah 110 orang. Sementara yang hadir sekitar 91 orang, beberapa undangan yang berhalangan hadir, karena kegiatan bersamaan hari dan tanggalnya dengan kegiatan uraian jabatan dari SPI, dan sebagian lagi tidak konfirmasi kehadiran.

Nara sumber dan materi

Narasumber fokus memberikan gambaran tentang pembidangan ilmu dari perspektif mereka dengan memperhatikan konsep integrasi. Mulai dari perspektif aturan secara global maupun nasional,  (Era Purwanto), konsep tata aturan pembuatan home base (Saiful Anam) , filsafat ilmu dalam pengembangannya bagi ilmu ilmu kegamaan yang ada di UIN Sunan Ampel Surabaya (Fauzan Shaleh), hingga best practice dalam menentukan pendekatan integrasi dari perpektif disiplin keilmuan (Abdul Mujib). Sedangkan untuk menghandle pemateri yang seharusnya mengarahkan peserta untuk memiliki peran dalam menerapkan konsep integrated twin towers, tim (A. Saepul Hamdani, Khoirun Ni’am, M. Thohir, Nur Fitriatin dan A. Saiful Anam) mengambil alih dan mengarahkan peserta untuk melakukan kesepakatan tentang rumpun ilmu yang sesuai dengan kondisi di UIN Sunan Ampel Surabaya (lihat lampiran 1).

Submit a Comment

Your email address will not be published.