Kunjungan Prodi Sistem Informasi

Kunjungan Prodi Sistem Informasi

LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) UINSA sebagai lembaga yang memiliki 3 Pusat yaitu Pusat Pengembangan Standart Mutu, Pusat  Audit dan Pengendalian Mutu, Pusat Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa. Berkaitan dengan itu, LPM dalam hal ini menjadi pengawal dari perkembangan mutu akademik termasuk permasalahan kurikulum. Tanggal 5 November 2014 tepatnya pukul 09.30 WIB, LPM  kedatangan tamu dari prodi Sistem Informasi, Fakutas Sains dan Teknologi. Sebanyak lebih dari 10 orang dosen baru dari prodi tersebut berkunjung ke LPM dengan maksud “mengaji” tentang kurikulum. Dengan disambut oleh Prof. Saiful Anam selaku ketua lembaga , Dr.Nur Fitriatin Yamin selaku sekretaris lembaga dan Dr.Asep Saepul H sebagai Ketua Pusat  Audit dan Pengendalian Mutu membuat suasana kunjungan menjadi ajang diskusi yang menarik. Ketua LPM memaparkan :

  1. Ada shortcut untuk dosen di Sainteks. Di dalam aturannya, yang diperbolehkan mengajar, adalah mereka yang sudah berpangkat lector. Akan tetapi karena ini baru, maka asisten ahli sudah boleh mengajar.
  2. LPM bertugas memastikan apakah kurikulum yang di buat oleh teman teman sainteks sudah sesuai dengan kurikulum yang berbasis KKNI. LPM akan memberikan kerangkanya, sedangkan rekan-rekan Dosen Sistem Informasi yang akan memberikan content nya
  3. Kurikulum adalah dibawah wewenang prodi, karena mereka yang lebih tahu tentang perkembangan keilmuannya.
  4. Kurikulum merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, karena ada beberapa mahasiswa dari sainteks yang mengundurkan diri sebagai wujud protes terhadap keberadaan sainteks di lingkungan UIN Sunan Ampel.

Dilanjut dengan pemaparan tentang kurikulum dari Ketua Pusat  Audit dan Pengendalian Mutu: “Proses akademik kita bukan hanya pengajaran, tapi pendidikan. Sehingga selain dampak materi, kita juga harus memperhatikan dampak proses. Dan disitulah kurikulum memiliki peranan penting” demikian kata Dr. Asep.

Terlontar banyak pertanyaan dari  rekan-rekan dosen baru di prodi Sistem Informasi termasuk bagaimana langkah-langkah dalam pengembangan kurikulum yang sesuai dengan visi dan misi Universitas, Fakultas dan Prodi serta bagaimana mengimplementasikan konsep integrated twin tower yang merupakan ikon penting dari UIN Sunan Ampel. Setelah melalui diskusi yang ringan dan interaktif, para rekan dosen prodi Sistem Informasi serasa memiliki semangat baru untuk segera memperbaiki kurikulum agar berbasis KKNI dengan mengimplementasikan Integrated Twin Tower tersebut demi peningkatan mutu akademik di lingkungan UIN Sunan Ampel.

 

Submit a Comment

Your email address will not be published.